Jalur masuk Prodi MBS saat ini: span-ptkin.ac.id

KELAS BISNIS

Kegiatan kelas bisnis diprakarsai oleh Kepala Labor MBS yaitu kegiatan pembelajaran praktikum pembelajaran kewirausahaan. Pada kelas bisnis tahap awal, mahasiswa dilatih untuk menyusun perencanaan usaha (bisnis plan). Rujukan utama dari penyusunan rencana usaha ini menggunakan produk hasil kegiatan aktualisasi dosen yang berjudul “Penyusunan Business Plan Berbasis Syari’ah dan Produk Lokal”. Selanjutnya mahasiswa mempraktekkan penyusunan bisnis kemudian diikuti dengan praktek produksi dan pemasaran.

Adapun Dosen-Dosen yang terlibat sebagai berikut:

  • Gambaran Umum

Kelas Bisnis dilaksanakan oleh Labor Prodi Manajemen Bisnis Syari’ah (MBS) dengan melibatkan dosen homebase pada Prodi MBS yang memiliki keilmuan dasar Manajemen, Bisnis Administrasi dan Kewirausahaan. Kegiatannya berupa pembelajaran bisnis terapan. Sasarannya adalah seluruh mahasiswa prodi MBS setiap angkatan. Waktu pelaksanaannya setiap minggu/semester/tahun. Pada tahap pertama, mahasiswa dilatih menyusunan rencana bisnis. Pada tahap lanjutan, mahasiswa akan didampingi untuk belajar menjalankan bisnis/usaha.

  • Penerima Manfaat

Penerima manfaat dari kegiatan yang akan dilaksanakan ini adalah mahasiswa STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, khususnya mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syari’ah. Capaian Keluaran Kegiatan Kelas Bisnis yaitu mahasiswa memiliki kemampuan berbisnis secara terapan (aplikatif).

  • Strategi Pencapaian Keluaran
    • Metode Pelaksanaan

Kegiatan Kelas Bisnis dilaksanakan dengan sistem tatap muka. Pertemuannya dilaksanakan sepekan sekali mengikuti perkuliahan aktif selama satu semester.  Pesertanya adalah mahasiswa Prodi MBS semester 2. Kegiatan ini diisi oleh dosen prodi MBS yang memiliki basic keilmuan manajemen, bisnis dan kewirausahaan. Sifatnya adalah pembimbing praktikum diluar beban kerja dosen (0 sks). Mahasiswa akan dilatih secara teori dan praktek cara memulai usaha. Kegiatan ini menekankan pada penyusunan perencanaan usaha (business plan). Setelah kegiatan ini mahasiswa diharapkan mampu merancang sebuah usaha yang ingin didirikannya dalam bentuk proposal usaha yang memiliki kemampuan untuk direalisasikan.   

  • Tahapan dan Waktu Pelaksanaan
    • Persiapan
    • Pelaksanaan
    • Evaluasi dan pelaporan
  • Waktu Pencapaian Keluaran

Target waktu pencapaian keluaran direncanakan dari Januari 2020 sampai dengan Januari 2021 selama dua semester dapat menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki ketrampilan dalam merencanakan, megelola dan mengevaluasi suatu bisnis/usaha.