Kunjungi BPS Bintan, Prodi MBS Menawarkan Kerjasama Terkait Penelitian

Di ruangan Rapat Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bintan, Prodi Manajemen Bisnis Syari’ah (MBS) STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau disambut kegiatan kunjungannya oleh Kepala BPS Bintan. Pada kesempatan tersebut Prodi MBS dihadiri oleh Kaprodi, Sekprodi, Kepala Labor dan dosen-dosen homebase serta perwakilan mahasiswa. Sementara BPS dihadiri langsung Kepala BPS, bagian data dan bagian survey lapangan.

Rangkaian kegiatan ini, intinya adalah silaturrahmi dan bimbingan dalam konteks penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Mahasiswa yang akan meneliti harus memahami proses pengumpulan data-data yang dapat memperkuat hasil penelitian. Teknik pengumpulan data disampaikan oleh Kepala BPS harus dilengkapi dengan bekal-bekal untuk turun ke masyarakat seperti surat tugas, melapor ke aparat setempat seperti RT/RW baru setelah itu turun sehingga ketika turun masyarakat sudah memahami bahwa akan diadakan survey/pendataan di lokasi tersebut.

Dalam kesempatan berharga tersebut, mahasiswa juga turut andil dalam diskusi dengan kepala BPS Bintan dan anggotanya tentang teknik pengumpulan data, data masayarakat dan lembaga serta ekonomi. Mahasiswa berharap kedepan, mereka mendapat ruang untuk terus konsultasi dengan BPS Bintan terkait data. Hal tersebut langsung dijawab oleh Kepala BPS bahwa mereka siap untuk membantu melengkapi data-data yang memang ada pada mereka. Teknis untuk mendapatkan data, mahasiswa bisa langsung konsultasi dengan BPS ataupun mengunjungi laman web BPS Bintan yaitu bintankab.bps.go.id.

Rangkaian kegiatan terakhir, terkait kerjasama, pada intinya BPS membuka diri, namun oleh karena mereka adalah organisasi vertikal maka hal ini harus dipelajari dan dikonsultasikan dengan BPS provinsi maupun pusat. Selanjutnya meraka akan mengabari ke prodi MBS terkait tindaklanjut kerjasama ini. Selain itu, dalam kesempatan ini Prodi MBS juga meminta kepada BPS Bintan tentang kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) Mahasiswa dan untuk hal ini BPS Bintan menyampaikan hal ini bisa dilakukan karena sebelumnya juga sudah ada pelajar maupun mahasiswa yang magang disana.

Kemudian acara ini ditutup oleh Kaprodi dengan menyerahkan cinderamata kepada Kepala BPS Kabupaten Bintan sebagai bentuk ucapan terima kasih karena sudah meluangkan ditengah kesibukannya untuk menerima Kunjungan dari Prodi MBS STAIN Sultan Abdurrahman.