Prodi MBS mengikuti Rapat Koordinasi dengan P2M STAIN Kepulauan Riau Membahas Akreditasi

KEPRI – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau akan melakukan akreditasi terhadap lima program studi, yakni Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Tadris Bahasa Inggris (TBI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Manejemen Bisnis Syariah (MBS). Dalam rangka menyukseskan akreditasi tersebut, Pusat Penjaminan Mutu (P2M) melakukan rapat koordinasi dengan prodi tersebut di Balai Titah, Kamis (28/1/2021).

Dalam paparannya, Plt. Kepala P2M, Sukma Adi Perdana, mengatakan, perlunya persiapan akreditasi yang matang agar hasil bisa maksimal. Ia menyarankan agar program studi membaca aturan tentang akreditasi dan saling berkoordinasi dengan prodi lain dan juga dengan P2M.

“Ada beberapa poin yang harus diisi. Nah, ini sudah sudah kita persiapkan sebelumnya. Sekarang sebaiknya kita mengisi data yang ada di LKPS terlebih dahulu supaya kita bisa mengetahui kekurangan atau kendala yang ada di masing-masing prodi,” kata pria lulusan dari Turki.

Sedangkan beberapa data lain, seperti pedoman dan standar operasiona prosedur (SOP) sudah tersedia di laman web P2M dan bisa digunakan untuk bahan akreditasi masing-masing prodi. Apabila ada lain yang perlu diunggah, Sukma menyarankan untuk menghubungi P2M agar bisa diunggah dan digunakan.

“Saya berharap kita akan melakukan pertemuan per tiga pekan sekali untuk melakukan rapat koordinasi. Nanti kita akan melihat apa yang telah diperbuat supaya nanti setiap prodi juga bisa meniru dari capaian yang dilakukan oleh prodi lain,” kata dia lagi.

Dalam rapat tersebut juga dibahas tentang gugus tugas penjaminan mutu untuk menjalankan standar penjaminan mutu internal (SPMI) di tingkat prodi. Hal ini, kata Sukma, juga sangat besar kontribusinya untuk akreditasi, sebab pada dasarnya, akreditasi itu untuk menilai mutu dari program studi. []